WolframAlpha, Pesaing Baru Search Engine Google


Mau tahu apakah yang menjadi pesaing Google sebagai search engine terbaik?


WolframAlpha, sebuah layanan baru yang powerful yang dapat menjawab semua pertanyaan dengan query yang luas, dan menjadi satu produk web yang berharga di tahun ini. Namun, sang pembuat layanan ini, Stephen Wolfram, ingin membuat semuanya jelas, walaupun search engine miliknya sering dibanding-bandingkan dengan Google, namun Wolfram tidak membuat WolframAlpha untuk head-to-head secara langsung dengan Google.

WolframAlpha ini sendiri diharapkan dapat tampil ke public mulai minggu depan di wolframalpha.com. Menurut Wolfram, search engine tradisional seperti Google dan Yahoo, akan menemukan apa saja asalkan user online. Jika ada halaman web yang memiliki kata di query, search engine tersebut akan menemukan mereka dan merankingnya berdasarkan relevansi. Namun, search engine WolframAlpha ini berbeda, karena tidak mencari data dari web. WolframAlpha akan membuat ‘basis ilmu pengetahuan’ yang dibuat dari kumpulan data, mulai dari fakta yang ditemukan di World Almanac, hingga data fisika dan ilmu pengetahuan lainnya. Data tersebut telah dikumpulkan oleh 100 pegawai Wolfram Research, sudah diverifikasi dan diatur selama beberapa tahun.

Ketika user mengetikkan dalam query, WolframAlpha mencoba mencari relevansi dari kata kunci yang dimasukkan di area knowledge dan kemudian menemukan jawabannya, ditambah kalkulasi tampilan data. Sebagai contoh, jika user mengetikkan “LDL 120”, maka akan muncul graph yang menunjukkan distribusi level kolesterol, dan menampilkan prosentase orang yang ada di atas atau di bawah penyakit kolesterol. Jika user mengetik “LDL 120 male 33”, maka hasil pencariannya berupa gender dan gurp usia yang dicari. Jika mencari “Berapa jauh jarak bulan ke bumi”, maka WolframAlpha akan melakukan kalkulasi jarak yang tepat berdasarkan algoritma matematika.

0 komentar: